Senin, 27 Februari 2012

Kejujuran Adalah Segalanya

Pemain:
1.   Siti Ayu Rohana (Ayu, berperan licik)
2.   Sukma Dharda Runa Murti (Sukma, berperan baik)
3.   Maghfira (Guru dan Narasi)
4.   Sahara Rizki Imania (Guru, yang sudah di sogok)
5.   M. Ihsan Kurniawan (Teman Ayu)
6.   Ari Nugraha (Teman Sukma)
7.   Selviana Eka Putri (Siswa)
8.   Diah vittaloka (siswa) 




Adegan 1
(Ibu guru sahara memberikan informasi tentang pembukaan daftar bagi calon Osis 2012)

Sahara: selamat pagi anak-anak, pagi ini ibu ingin memberikan informasi kepada kalian yg berminat mencalonkan diri menjadi anggota Osis 2012-2013, saya akan berikan formulirnya, Selfi tolong bagikan kertas formulir ini. Oiya, yang berminat jadi anggota osis bisa diisi formulirnya, yang kurang berminat bisa dikembalikan kertas formulirnya.
Selfi: baik bu (sambil membagikan kertas formulir)
Ayu: pasti gue yang akan jadi ketua osis
Ihsan: iya lo harus bisa jadi ketua osis tahun ini
Ayu: yaiyalah
Ari: suk gue yakin kok lo pasti bisa jadi ketua osis tahun ini
Sukma: gue gak tau ri, gue ragu
Ari: kenapa harus ragu lo kan pinter, aktif, dan suka bersosialisasi
Sukma: seandainya gue mencalonkan diri, gue akan bersaing sama ayu
Ari: lo harus optimis dan yakin kalo lo bisa. Setidaknya lo mencoba
Ayu: (memotong pembicaraan) apa? Lo mau mencalonkan diri menjadi ketua osis? Jangan mimpi deh. Udah pasti lo kalah
 Ari: jangan dengerin kata ayu, buktiin kalo lo bisa
Sukma: bener juga kata lo, ya setidaknya gue berusaha dulu ya

Adegan 2
(Keesokan harinya pendaftaran dimulai)

Ayu: (mencalonkan dirinya menjadi ketua osis, setelah selesai mendaftarkan diri ayu melihat sukma yg juga sedang mendaftarkan diri) eh nyali lo berani juga ya?
Sukma: siapapun boleh kan mencalonkan diri menjadi ketua osis
Ayu: boleh kok tapi harus siap gue permalukan haha. Jangan mimpi deh ingin menjadi ketua osis (bergegas pergi bersama ihsan)
(saat dikelas)
Sahara: selamat pagi anak-anak ibu ingin memberi tau siapa saja yg menjadi calon ketua osis baru kita. selamat kepada Siti Ayu Rohana dan Sukma Dharda Runa Murti. Debat osis akan dilaksanakan besok di aula sekolah setelah pulang sekolah. Sekian informasi dari ibu. Selamat pagi.
Ihsan: yess lo terpilih yu, selamat ya!!!
Ayu: biasa aja kali gue emang udah tau kalo gue pasti kepilih tapi kenapa sukma sih saingan gue? Kan gak elite banget
Ihsan: malahan itu keuntungannya haha. Tapikan sukma itu pintar dan mudah bersosialisasi, kalo dia menang gimana?
Ayu: gak usah berhayal! Sudah pasti gue yg menjadi ketua osis tahun ini. Lo harusnya dukung gue dong!
Ihsan: iya iya
Sukma:Alhamdulillah gue kepilih ri
Ari:iya Alhamdulillah , lo persiapkan diri lo untuk debat osis besok ya
Sukma: iya pasti
(sementara itu ayu semakin gelisah, ia takut kalau dikalahkan oleh sukma. Maka ayu memutuskan untuk mengambil cara curang)
Ayu: (berbisik kepada ihsan) wah gue punya ide nih. Gimana kalo pakai cara curang?
Ihsan: cara curang? Maksudnya?
Ayu: maksudnya kita sogok aja ibu sahara sama siswa-siswa sekolah ini tapi jangan sampai ketauan ibu fira, sukma dan ari. Dengan begitu gue bisa jadi ketua osis
Ihsan: emangnya aman?
Ayu: tenang aja. Lo hanya nurut apa yg gue bilang
Ihsan: oke

Adegan 3
(keesokan harinya saat pulang sekolah. Sebelum dimulai debat osis, ayu dan ihsan menemui ibu sahara yg ingin di sogok dengan uang)

Ayu: ihsan aman nggk?
Ihsan: aman kok
Ayu: (berbicara berbisik-bisik) ibu sahara (memanggil) bu, bisa bantu saya nggk dengan memberikan nilai yg tinggi saat debat osis nanti
Sahara: boleh aja kok asal nggk ketauan
Ayu: tenang aja bu
Ihsan: (ngasih amplop yg berisi uang kepada ibu sahara)
(ternyata diam-diam ari merekam video penyogokan ayu kepada ibu sahara)
Ayu dan ihsan: (bergegas ke ruang serbaguna)
(debat osis pun di mulai)
Fira : selamat siang semuanyaa. Sesaat lagi kita akan menyaksikan debat osis tahun ini. Yaitu debat antara Siti Ayu Rohana dengan Sukma Dharda Runa Murti. Debat pertama diawali oleh Siti Ayu Rohana
Ayu: ass wr wb. selamat siang semuanya dan salam sejahterah bagi kita semua. Saya berdiri didepan anda semua untuk meyakinkan anda memilih saya sbg ketua osis tahun ini. Jika saya menjadi ketua osis, saya akan mengajak teman-teman untuk disiplin. Saya akan membuat sekolah ini lebih maju dan menjadi lebih baik lagi dari tahun lalu.
Untuk mewujudkan misi saya, saya akan membuat program akademik dan non akademik menjadi lebih baik lagi. Memperbanyak ekskul untuk meraih kejuaraan lomba yang diadakan. sekian yang dapat saya sampaikan. Ingat pilihlah saya menjadi ketua osis tahun ini. wassalam wr wb
Fira : demikianlah debat dari Siti Ayu Rohana. Sekarang mari kita lanjutkan debat selanjutnya dari Sukma dharda runa murti
Sukma: ass wr wb. selamat siang semuanya dan salam sejahterah bagi kita semua. Jika saya menjadi ketua osis, saya akan:
1.   Membina hubungan harmonis dengan siswa/siswi dan guru
2.   Menjaga hubungan baik dengan pihaksekolah lain melalui rapat osis
3.   Mendorong siswa/siswi untuk berperan aktif dalam semua kegiatan positif
4.   Tegas, sigap, tanggap dalam menyelesaikan persoalan
Yang kita butuh bukti bukan janji, osis bukan ajang promosi bukan pula kekuasaan pribadi osis milik kita bersama. Sekian dari saya wasalam wr wb
(saat penilaian juri)
Sahara: (memberikan nilai 9 kepada siti ayu rohana dan memberikan nilai 5 kepada sukma dharda runa murti)
Fira: (memberikan nilai 7 kepada sitiayu rohana dan memberikan nilai 8 kepada sukma dharda runa murti)
Fira : jadi saat ini yg memimpin adalah Siti ayu rohana. Besok semua siswa akan ada votting pemilihan antara sitiayu rohana dengan sukma dharda runa murti. Sekian dari acara debat osis hari ini dan selamat sore.
(ketika selesai debat osis)
Ayu: eheh lo sini lo(menghampiri selvi dan diah)
Ihsan: hey dukung ayu ya jadi ketua osis tahun ini
Selvi: berani bayar berapa lo?
Ihsan: nih (memberi amplop kepada selvi dan diah)
Diah: berapa tuh? Bayarannya sebanding nggk sama yg gue lakuin
Ihsan: udah nih terima aja
Selvi: lain kali lagi ya (sesaat ayu dan ihsan pergi meninggalkan mereka)
Ayu: dasar matre
Sukma: dukung gue ya teman-teman
Selvi: ngarep banget lo pengen didukung
Diah: mending lo menang
Ari: jangan gitu dong
(selvi dan diah meninggalkan ari dan sukma)

Adegan 4

(keesokan harinya saat votting pemilihan ketua dan wakil osis di aula sekolah)
(votting ketua dan wakil osis)
Fira: selamat pagi semuanya. Hari ini adalah hari yang kita nantikan, hasil dari votting akan diumumkan. Dan yang menjadi ketua osis tahun 2012-2013 adalah……………. Siti Ayu Rohana. Selamat ya!! dan sukma dharda runa murti menjadi wakil osis, beri tepuk tangan untuk mereka.. kepada siti ayu rohana sebagai ketua osis, dimohon memberikan sambutan
Ayu: salam sejahterah bagi kita semua. Terima kasih yg sudah memilih saya menjadi ketua osis tahun ini……………..
Ari: (memotong pembicaraan) ada yang nggk sportif tuh! (menunjuk ayu)
Diah: apa-apaan lo ri
Selvi: lo punya bukti? jangan asal tuduh deh! (berdiri sambil membentak)
Ari: saya punya buktinya bu! Saya merekam video ayu saat menyogok ibu sahara
Ayu: fitnah tuh bu! Nggk bener itu
Ari: kalo gak percaya ini buktinya (memberikan hp ke fira)
Ihsan: (sebelum hp ari dikasih ke fira ihsan hampir ingin membantingnya tetapi gagal karna ibu fira melarangnya)
Fira: diam semuaaaaa! Biar ibu yang melihatnya (sambil mengambil hp ari yg sudah ditangan ihsan) ibu sahara, apakah semua ini benar?
Sahara: hem bu buukaan begituu buu (sambil terbata-bata)
Fira: sudah saya putuskan ini semua tidak adil! Untuk lebih adilnya, Yang menjadi ketua osis tahun ini adalah sukma dharda runa murti sedangkan  siti ayu rohana sebagai wakil ketua osis. Keputusan ini tidak dapat diganggu gugat. Sekian dari hasil votting pemilihan osis kali ini dan sekali lagi selamat kepada sukma dharda runa murti yang menjabat sebagai ketua osis 2012-2013 yang resmi
 (ketika acara selesai ayu yg sangat malu dan meminta maaf kepada sukma begitu pula dengan ihsan, selvi, dan diah)
Ayu: (menghampiri sukma dan ari) sukma gue minta maaf ya, gue ngelakuin semua ini karna gue takut kalah dari lo
Ihsan: sukma, ari gue juga minta maaf ya
Selvi: maafin  gue juga ya
Diah: maafin gue
Sukma: iya udah gue maafin. Lain kali jangan diulangin ya kita bisa bekerja sama untuk memajukan sekolah ini menjadi yg lebih baik
Ayu: iya suk gue menyesal. Gue gak akan mengulanginya lagi



(akhirnya sejak kejadian itu ayu dan sukma berteman baik dan bekerja sama)
SELESAI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar